CO.CC:Free Domain

Sabtu, 21 Juni 2008

Jalan Utama Vila Pamulang Rusak Berat

Jika Anda sesekali bertandang ke Vila Pamulang, Tangerang, jangan kaget kalau sepeda motor atau mobil Anda, di beberapa tempat, harus meliuk-liuk untuk menghindari lubang-lubang di jalan utama kompleks itu. Boleh dibilang, akses warga perumahan ini sama sekali tidak nyaman. Di sekitar Blok DF, misalnya, dekat tempat cuci mobil, lubang-lubang sudah mirip kubangan. Kalau hujan, lubang-lubang itu diisi oleh genangan air, dan becek.

Bagi pengguna mobil jenis sedan, melewati "kubangan" itu butuh perjuangan sendiri. Sebab, salah-salah bisa menyebabkan mobil kandas atau dek bawahnya tergesek jalan yang nyaris tinggal tanah karena lapisan aspal telah tergerus. Melangkah sedikit lagi ke depan, akan bertemu jalanan becek (jika hujan). Entah kapan, hal itu akan tetap terus begitu. Yang pasti, ini menimbulkan kejengkelan orang-orang yang melintas.

Sebelumnya, jalan di seputar Taman Swadaya, juga luar biasa parahnya. Tapi, entah bagaimana, beberapa waktu lalu sudah dilapisi aspal goreng (aspal campur pasir). Beberapa lama, sempat nyaman juga melewati jalan itu. Tapi, kini aspal goreng itu mulai terkelupas pula. Tampaknya, tidak lama lagi, kubangan akan kembali muncul di situ. Dulu, di jalanan di sekitar itu, memang kubangan besar-besar.

Tidak jelas, ini sebetulnya tanggungjawab siapa. Tanggungjawab pengembang Vila Pamulang atau Pemda Kabupaten Tangerang? Buat warga, sebetulnya tidak penting itu tanggungjawab siapa. Terpenting, bagaimana ia bisa menggunakan jalan dengan aman dan nyaman. Sebab, pengalaman membuktikan, jalan rusak bukan saja bikin tak nyaman, juga rawan terhadap kecelakaan. Berapa banyak korban telah jatuh akibat jalan rusak.

Tidak ada komentar: