CO.CC:Free Domain

Sabtu, 15 Maret 2008

Dana Perbaikan Jalan Rusak Rp 780 miliar

Sumber: Tempo Interaktif , 14 Maret 2008 12:29 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pemerintah melalui Departemen Pekerjaan Umum (PU) menyiapkan anggaran sebesar Rp 780 Miliar untuk menutup jalan-jalan nasional. Sampai saat ini, dana yang sudang digunakan sebesar Rp 200 Miliar. "Ini untuk jalan nasional yang meliputi jalan pantai utara Jawa dan lintas Sumatera," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto setelah bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat (14/3).

Dana tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2008. Untuk perbaikan permanen, kata Djoko, masih menunggu musim kemarau sehingga ketika jalan diaspal, benar-benar langsung kering. Dia menjelaskan, sampat saat ini sudah mencapai 80-90 persen. Namun, tidak tertutup kemungkinan, dengan hujan yang terus datang dan beban jalan yang berat, jalan nasional yang berlubang bisa meluas. "Untuk menutup lubang, harus dipastikan kering dulu, baru ditutup," ujarnya.

Sedangkan untuk pendanaan perbaikan jalan provinsi dan jalan kabupaten diserahkan kepada pemerintah daerah setempat. ANTON APRIANTO

Tidak ada komentar: